Toyota Kemungkinan Akhiri Ekspor Corolla dari Jepang

Gambar

Penguatan yen atas mata uang dolar AS membuat Toyota mempertimbangkan untuk menghentikan sementara ekspor salah satu mobil terlarisnya yakni Corolla dari Jepang ke negara lain.

Seperti dilaporkan Toyota Shimbun Daily dan dikutip Reuters, Kamis (14/10/2010) penundaan ekspor Corolla dari Jepang itu akan dimulai sekitar tahun 2013. Untuk mengisi Corolla yang kosong dari Jepang itu, Toyota dilaporkan akan mengalihkan produksinya ke negara lain di luar Jepang.

Penguatan yen yang tertinggi dalam 15 tahun terakhir membuat perusahaan yang melakukan ekspor ke luar Jepang mengalami kerugian cukup besar karena menjadi tidak kompetitif. Mereka kini mencari cara untuk membuat barang di luar Jepang. Seperti yang dialami Toyota.

“Pada nilai tukar sekarang ini, semakin banyak Corolla dikirimkan ke luar negeri, semakin banyak kerugian yang diderita,” ujar analis Advanced Research Koji Endo.

Padahal Corolla merupakan sedan terlaris Toyota yang dibuat di 15 negara. Pada 2009 lalu, Toyota memproduksi 235.000 Corolla di Jepang. 60 persen diantaranya diekspor. Toyota juga membuat 815.000 Corolla di luar Jepang.

Juru bicara Toyota Paul Nolasco menuturkan, Toyota terus mengoptimalkan struktur produksi globalnya, namun Toyota belum memikirkan untuk mencari pabrik baru di luar Jepang untuk menutupi kekosongan Corolla yang diekspor dari Jepang.

Namun Toyota direncanakan untuk memulai produksi Corolla di pabrik baru Mississippi mulai musim gugur tahun 2011 setelah pabrik sebelumnya di AS yakni pabrik California ditutup beberapa waktu lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: