Warna Kuku Gambarkan Kesehatan

Anda ingin mewarnai kuku ? Lebih baik jangan warnai kuku Anda. Tahukah kuku dapat menggambarkan pertanda kesehatan tubuh secara keseluruhan? Sebuah sentuhan putih di sini, ada yang sedikit kemerahan, atau riak atau gundukan mungkin merupakan tanda penyakit di dalam tubuh. Permasalahan dalam hati, paru-paru, dan jantung dapat muncul dalam kuku.

Kuku pucat
Kuku pucat atau putih kadang terkait dengan penuaan. Tapi ini juga bisa menjadi pertanda penyakit serius, seperti: anemia, gagal jantung kongestif, penyakit hati, dan malnutrisi.

Kuku putih
Jika kuku yang umumnya berwarna putih dengan pinggiran lebih gelap, ini dapat mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis.

Kuku kuning
Salah satu penyebab paling umum kuku kuning adalah infeksi jamur. Saat infeksi memburuk, kuku bisa menebal dan runtuh. Dalam kasus kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid parah, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

Kuku kebiruan
Kuku dengan warna kebiruan dapat berarti tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini bisa mengindikasikan infeksi di paru-paru, seperti radang paru-paru. Dasar kebiruan sedikit mungkin menggambarkan diabetes.

Kuku bergelombang
Jika permukaan kuku yang bergelombang, ini mungkin merupakan tanda awal dari psoriasis atau artritis inflamasi. Psoriasis, 10 persen permulaan ditandai kondisi kulit yang dimulai perubahan pada kuku. Tandanya dimulai dari perubahan kulit di bawah kuku tampak coklat kemerahan.

Kuku retak
Kuku kering dan rapuh atau terbelah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid.Kuku pecah dikombinasikan dengan warna kekuningan lebih mungkin karena infeksi jamur.

Kuku bengkak
Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan lipatan kuku. Ini mungkin hasil dari lupus atau penyakit lain jaringan ikat.

Garis hitam di bawah
Garis hitam bawah kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Mereka kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis yang paling berbahaya dari kanker kulit.

Selain terkait dengan kesehatan badan, kebiasaan menggigit kuku bisa menandakan kegelisahan terus-menerus. Menggigit kuku juga telah dikaitkan dengan gangguan obsesif-kompulsif. Jika Anda tidak bisa berhenti, konsultasikan kepada dokter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: