Spanyol Juara Baru Piala Dunia

Akhirnya Tim Matador juara Piala dunia. Spanyol keluar sebagai perebut piala dunia setelah menundukkan Belanda lewat gol Andre Iniesta merobek gol Tim Belanda pada menit 116, atau 4 menit menjelang usai perpanjangan waktu 2x 15 menit. Gol di penghujung pertandingan itu memupuskan harapan Belanda setelah wasit mengusir De Jong karena menerima kartu kuning kedua.

Pertandingan berlangsung cepat sejak babak pertama dan cenderung keras, juga kasar. Wasit harus merogoh 5 kartu kuning untuk Tim Kincir Angin dan 3 kartu kuning untuk Spanyol. Di babak kedua pemain kedua tim cenderung bertahan. Peluang-peluang dari kedua Tim tercatat sudah terjadi sejak babak pertama hingga akhir babak kedua, namun tidak ada satu pun yang menghasilkan gol.

Pergantian beberapa pemain di kedua kesebelasan dilakukan Del Bosque dan Bert van Wijk untuk mempertajam serangan dengan digantikannya van der Vaart dengan van Bronckhorst di pihak Belanda dan David Villa digantikan Fernando Torres tidak banyak mengubah keadaan Tim yang tampak kelelahan.

Dengan gol tunggal Iniesta, Spanyol memastikan gelar juara dunia bagi negaranya untuk pertama kali dan mengawinkannya dengan juara daratan Eropa. Meskipun gol Iniesta diprotes pemain Belanda karena dianggap berbau off-side, wasit tetap mensahkan gol Iniesta. Protes Mathijsen kepada kepeimpinan hakim garis dan wasit pemimpin pertandingan Howard Webb mendatangkan kartu kuning lainnya.

Apa pun, Spanyol, tim penggila ‘joga bonito’ atau permainan indah, pantas menjadi juara dunia. Usailah perhelatan akbar 4 tahunan di Negeri Nelson Mandela, Negara Afrika Selatan yang merenggut perhatian dunia selama sebulan. Kekhawatiran bahwa dapat terjadi kekisruhan di Negeri itu atau pertandingannya akhirnya tidak terbukti.

Selamat bagi Spanyol. Selamat bagi tuan rumah penyelenggara Negara Afrika Selatan. Dunia memiliki juara baru Spanyol menggantikan Itali. Sampai bertemu di Negeri Pele, goyang samba. Lengkingan vuvuzela akan tetap dikenang. Waka waka…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: